Page Nav

HIDE

Breaking News:

latest

Universitas Saintek Muhammadiyah Luncurkan Buku Seputar Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta- Universitas Saintek Muhammadiyah mengadakan peluncuran dan diskusi buku “Seputar Pertumbuhaan Ekonomi” dengan tema “Peran Saintek d...


Jakarta- Universitas Saintek Muhammadiyah mengadakan peluncuran dan diskusi buku “Seputar Pertumbuhaan Ekonomi” dengan tema “Peran Saintek dalam Pertumbuhaan Ekonomi” pada hari Sabtu, 29 Juli 2023. 

Acara digelar  di Aula Universitas Saintek Muhammadiyah dan dihadiri oleh sejumlah narasumber, diantaranya Prof. Abuzar Asra., Ph.D., M.Sc., Abdul Rachman Ramlie, Drs., S.E., Dipl., Emil Azman Sulthani, Ir., M.B.A sebagai penulis buku, dan Prof. Dr. Martani Huseini (Guru Besar Universitas Indonesia) sebagai pembedah. 

Rektor Universitas Saintek Muhammadiyah, Dr. Faiz Rafdhi  mengungkapkan bahwa buku ini merupan buku perdana yang diterbitkan oleh Universitas Saintek Muhammadiyah. Acara ini digelar dalam rangka memeriahkan Milad 1 Tahun Universitas Saintek Muhammadiyah.

“Tema yang diangkat dalam diskusi ini bertujuan untuk mendiskursuskan peran sains dan teknologi dalam pertumbuhaan ekonomi” Jelas Faiz Rafdhi dalam sambutannya (29/7/2023.

Faiz Rafdhi menambahkan,  “penamaan Universitas Saintek Muhammadiyah merupakan masukan dari alm. Prof. Dr. Azyumardi Azra yang berharap bahwa Muhammadiyah harus mempunyai universitas yang focus pada sains dan teknologi” ujarnya. 

Universitas Saintek Muhammadiyah harus bisa menerjemahkan salah satu poin penting hasil Mukatamar Muhamamdiyah 2022 di Surakarta, yaitu digitalisasi sistem organisasi yang tersetruktur massif, diperlukan proses pengalihan sistem informasi dari anolog ke digital yang menggunakan teknologi informasi canggih serta luas. Proses digitalisasi ini harus satu paket dengan Gerakan litarasi untuk mencerdaskan, memajukan, dan mecerahkan kehidupan umat, bangsa, dan kemanusiaan semesta.

Martani Huseini, yang menjadi narasumber pembedah menyampaikan selamat atas terbitnya buku seputar petumbuhaan ekonomi yang telah diterbitkan oleh SaintekMu press. “Buku ini merupakan buku kecil kaya makna” ujarnya. 

Buku ini, lanjut Martani menyajikan ruang lingkup pertumbuhaan ekonomi yang sangat rumit namun dibahas dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami, mulai dari 4 indikator pembangunan ekonomi, menghitung Produk Domestik Bruto (PDB) sampai pada mengukur dan memahami pertumbuhaan ekonomi. 

“Mahasiswa, dosen dan para calon pemimpin baik pusat maupun daerah harus  membaca buku ini terlebih dahulu agar dapat memahami dan meningkatkan perokonomian daerahnya masing-masing”, tegas Martani.

Lebih lanjut Martini mendorong agar buku seputar pertumbuhan ekonomi perlu disosialisasikan pada khalayak umum (non-akademisi) termasuk pemangku kepentingan dari tingkat desa, kecamatan, pemda hingga pempus dengan pelatihan-pelatihan khusus (bersertifikat BNSP), bahkan di sekolah-sekolah tingkat SLTP dan SLTA.

Di era multipel disrupsi, industrialisasi 4.0, deglobalisai dan era digitalisasi dan dinamika lingkungan yang volatile, uncertain, complex & ambigue (VUCA) maka pengajaran ilmu statistik sebagai bagian dari data science perlu di masyarakatkan supaya pemahaman awal seputar PDB dapat mendorong kearah pengertian what is data, what information, what ideas, what is knowledge, what is big data, what is AI bahkan what is behind kejahatan/penipuan yang menggunakan penyalahgunaan data yang dimanipulasi. Ini sangat penting, tegas Martani.

Abuzar Asara mewakili penulis mengucapkan banyak terima kasih atas penyelenggaraan peluncuran dan diksusi buku ini. Semoga buku ini dapat bermamfaat, berguna bagi khazanah ilmu pengetahuan serta menjadi legasi kami dimasa yang akan datang.


Tidak ada komentar